Minggu, 16 Desember 2012

Settingan Akun Facebook Anti Hacker


Bermula saat saya sendiri yang hampir saja mengalami pengalaman buruk di hack akun FB saya. Lalu seorang teman, Erianto Anas malah sudah di hack akun FB-nya sehingga ia kehilangan ribuan member group yang dibangunnya dengan susah payah. Kemaren saya juga membaca sahabat saya Adi Supriadi malah bercerita ia kehilangan akun FB-nya dengan masalah yang sama karena di-Hack oleh orang lain. Saya sendiri lupa, tapi pernah baca bahwa Adi Supriadi mengalami hal ini hingga dua kali. Ternyata sahabat saya yang lain, pak Thamrin Dahlan dan Om Jay, juga di Hack oleh Hacker
Kenapa saya selamat dan kenapa EA Setan, Adi Supriadi dan Om Jay serta Pak Thamrin Dahlan harus merelakan kehilangan kendali atas akunnya…??? Sebenarnya kalu kita maksimal membac up maka kejadian ini tak perlu terjadi hingga berkali kali. Sekali saja sudah cukup sebagai pelajaran. Maka inilah tekhnik untuk membuat akun FB anda kebal dari serangan Hacker:
Langkah pengebalan akun ini ada dua langkah utama, yakni:
Tahap Satu : Pengamanan via FB.
Tahap Dua : Pengamanan via email yang dipakai untuk membuka FB tsb (saya sarankan pakai gmail) .


Penjelasan sbb:
1. Pengamanan via FB
Pada saat membuka FB, lihatlah tanda panah kebawah di sebelah kanan atas layar FB anda , disebelah kanan menu Beranda spt contoh gambar 1 ini:
1334427399410611915
Setelah tanda panah sebelah kanan tsb di klik akan keluar menu spt gambar 2 dan klik pengaturan akun:
13344280561045773586
gambar 2
lanjut muncul gambar 3 dan klik juga sehingga muncul menu pengaturan “akun umum” dan perhatikan menu di sebelah kiri menu tsb, klik “keamanan”:
13344287441999794635
gambar 3
selanjutnya muncul menu spt gambar :
13344293211480231996
Di menu ini terpajang enam pilihan menu sbb:
1 - Jelajah aman
2 - Pemberitahuan masuk
3 - persetujuan masuk ke Facebook
4 - kata sandi aplikasi
5 - Perangkat yang dikenali
6 - sesi aktif
Ke enam menu tersebut harus di klik dan di isi permintaan data tersebut. Aktifkan semua menu tersebut, tapi Ingat …..!!! anda harus mengaktifkan dengan perangkat milik anda sendiri, misal PC, Laptop atau Smartphone milik anda sendiri) setelah ke enam menu tsb aktif maka tak akan adalagi Hacker yang mampu mengacak ngacak akun FB anda. Pada point 5: Perangkat yang dikenali, hal ini akan ditanya oleh FB. Jadi jangan sekali kali mengaktifkan menu ini di warnet atau PC kantor anda.
salah satu menu lain disana, anda akan diminta isi no HP anda (pada menu no 2 : Pemberitahuan masuk). Hal ini sangat penting karena bila ada orang lain mencoba meng-hack akun anda, maka dia akan gagal karena Facebook akan memberitahu anda dengan kode yang akan dikirim oleh Facebook via sms ke HP anda. Hanya dengan adanya kode yang dikirim oleh FB ke HP anda itulah system FB akan meluluskan permintaan membuka akun anda. Jangankan Hacker, anda sendiri selaku pemilik akun juga tak akan bisa membuka akun FB anda kalau anda lupa membawa HP anda. Karena FB akan mengirim kode khusus sebanyak 6 digit via sms ke HP anda, agar anda bisa membuka akun FB anda. Contoh sms ke HP anda adalah sbb:
“Gunakanlah kode 763082 untuk menyetujui upaya masuk ke Facebook dari mesin yang tidak dikenali.”
Pengirim:
32665.
(No ini no HP khusus FB Indonesia)
kode angka di sms ini selalu berubah setiap anda masuk dari perangkat yang tidak anda daftarkan ke system FB.
Jadi pada saat anda membuka akun FB anda dari warnet, sekalipun password yang anda masukkan benar, tetap saja akun FB anda tak bisa anda buka karena mesin FB tetap meminta anda memasukkan kode yang dikirim via sms ke HP anda.
Setelah itu anda akan disuguhi menu masuk FB dengan meminta konfirmasi angka dari sms di HP anda sendiri. Teknik ini tentu saja akan sangat maksimal melindungi akun anda dari serangan Hacker. Hacker tak akan mampu lagi meng-Hack karena “kode” perlindungan tak hanya di password FB saja tapi FB juga meminta konfirmasi via sms di HP anda (berlindungan dua lapis).
Tahap Dua : Pengamanan via email yang dipakai untuk membuka FB tsb.
Email yang anda gunakan untuk mendaftar FB, juga sangat berpengaruh besar. Setiap Hacker yang akan meng-hack aku FB anda, bukanlah mengacak-acak akun FB anda, melainkan akun email andalah yang di bobol terlebih dahulu. Jadi bukan FB anda.
Di FB anda, para Hacker hanya sekedar mengklik “lupa password” pada saat akan masuk ke FB anda dan secara otomatis FB akan mengirim password pengganti ke email anda. Dimana email anda sudah lebih dulu mereka kuasai. Setelah password baru di kirim FB ke email anda yang telah mereka kuasai, maka jalan mereka akan makin mudah mengambil alih akun FB anda.
Jadi :
Amankan juga dengan pengamanan berlapis akun email anda. Saya menyarankan pakailah akun email dari gmail (Google) karena di gmail juga menggunakan metode yang mirip dengan FB yakni pengaman via no HP. Pada saat ada Hacker yang meng-Hack akun email anda, maka Tim gmail akan memberikan via sms ke HP anda kode angka khusus. Tanpa kode ini di sms maka jangankan Hacker, anda sendiri juga tak akan bisa masuk ke email anda tsb. Cara pengamanan berlapis pada email ini sama dengan FB, yakni ada fasilitas menu: “verifikasi dua langkah” oleh Tim gmail. Anda tinggal klik menu tsb di gmail(menu setelan akun di gmail, sebelah kanan atas). Dan menjalankan perintah yang diminta oleh gmail.
Jika anda sudah terlanjur mendaftarkan FB anda di email selain dari gmail, misalnya di Yahoo atau layanan lain, anda bisa mengganti email anda di FB pada gambar 2 diatas “Pengaturan keamanan” pada menu email. Klik email dan tambahkan email baru. Lalu email lama anda hapus. Semakin banyak email anda pajang disitu (di FB anda) artinya semakin besar peluang Hacker membobol akun FB anda, jadi gunakan hanya satu email untuk satu FB anda tapi maksimalkan gmail anda dengan menu “verifikasi dua langkah” dari gmail. Menu “verifikasi dua langkah” oleh gmail juga terdapat di menu “Pengamanan akun” di gmail.
Dengan adanya pengamanan berlapis seperti ini, apalagi kedua bagian penting, yakni FB dan emailnya, tentu saja keamanan akun FB anda akan lebih kokoh dan tak perlu kehilangan catatan sejarah perjalanan hidup anda.
Bukankah fasilitas “Kronologi” atau Timeline di FB adalah catatan perjalan hidup anda…???
Tentu saja kita sedih jika harus kehilangan kendali atas akun FB kita tsb.apalagi bagi sahabat saya Adi Supriyadi, beliau menggunakan akun FB buat para kliennya. Pada saat kehilangan akun FB-nya tentu saja merupakan sebuah kemunduran total dan harus membangun lagi dari nol.
Bagi teman teman yang hanya sekedar berhahaha hihihi alias untuk ketawa ngakak di FB sebagai hiburan mungkin tidak terlalu mikirin keamanan berlapis ini. tapi bagi yang menggunakan FB untuk sarana membangun “postur diri” seperti, Om Jay maupun Adi Supriyadi, tentu masalah gangguan hacker ini akan menjadi masalah serius.
Tentu saja akun anda masih mungkin di bobol oleh hacker, karena setahu saya hanya akun FB milik adik saya ini saja yang tak mempan di Hack oleh Hacker di link ini:
Kalaupun masih bisa tembus, pastilah akan dikembalikan lagi oleh FB pada dia. Karena memang adik saya ini saya beri peran istimewa di FB. (Ngaku-ngaku.com. )
Jika akun FB anda masih bobol juga, bisa dipastikan ada unsur “lalai” pada diri kita, misalnya suka gonta ganti no HP dan nggak tanggap pada saat ganti no HP tsb. Padahal FB dan gmail memberi tahu anda pada no HP anda yang telah di daftarkan semula.
Pada saat saya hampir kehilangan kendali atas akun FB saya beberapa waktu lalu, namun syukurlah saya cepat diberi tahu oleh FB dan juga diberitahu oleh Tim gmail . Keduanya (FB dan gmail) memberi tahu saya karena saya telah membangun pertahanan maksimal dengan “verifikasi dua langkah“ di gmail serta pertahanan yang sama di FB sendiri. Malah akhirnya akun FB si Hacker yang mendaftar baru dengan mengaku ngaku “Arloren Antoni” dan memakai foto dan data diri saya, malah saya Hack balik. Akun “Arloren Antoni” yang dia buat saya rebut dan saya ganti passwordnya.
saya kunci sehingga maksud hatinya yang ingin mengaku ngaku sebagai diri saya, malah kini akun tersebut sudah saya Hack balik. Akun FB abal-abal yang ia buat itu di link:
https://www.facebook.com/Arlorentantoni
Saya mengajak semua rekan rekan untuk meng-Hack akun FB abal abal diatas, yang kemaren ini sudah saya Hack balik dari si Hacker yang saya deteksi keberadaan dia di Medan dengan IP Adress juga telah saya ketahui. hal ini untuk media latihan dimana perlindungan akun ini sangat fatal bagi kita bersama sehingga tak ada orang atau teman kita yang tertipu dengan mengatasnamakan diri kita seperti yang telah di alami oleh Om jay dan seorang teman Om Jay telah rugi 6 juta rupiah dengan menjual nama baik dan kredibitas Om Jay.
Saya beri jalan untuk masuk di FB tsb.
email untuk FB: : arloren.antoni2012@gmail.com
password FBnya sbb : silakanhackakuniniapril2012
silakan coba untuk masuk ke akun FB tsb. Akun FB ini sepenuhnya sudah berada di bawah kendali saya. sekalipun sudah saya bocorkan email dan paswordnya pada rekan rekan, silakan coba masuk ke akun FB tsb, bisa apa tidak …..
Sayembara ini sebenarnya berhadiah karena jika anda berhasil masuk ke FB diatas, artinya Gmail dan FB akan bersedia membayar mahal untuk ilmu Hack anda tersebut. Kebanyakan Hacker memang di bayar mahal oleh Google, Yahoo, Facebook dll karena Ilmu dari Hacker ini digunakan kembali oleh mereka untuk meningkatkan pertahanan situs mereka sendiri.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang pernah mengalami hal ini. dan bagi Adi supriadi, Om Jay dan sahabat sahabat saya yang lain, kita semua ingin jangan sampai ada pengalaman di-Hack hingga berkali kali.
Banda Aceh, 15 April 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar